Saturday, June 9, 2012

JavaScript Dasar

Sebelum belajar JavaScript sebaiknya sudah pernah belajar HTML, karena JavaScript memang harus bekerjasama dengan HTML. Bagi yang ingin mengetahui sejarah, perkembangan JavaScript, silahkan googling ke blog atau website sahabat-sahabat lainnya.

Aplikasi
Aplikasi untuk bekerja dengan JavaScript sama seperti yang digunakan ketika bekerja dengan HTML, yaitu editor teks dan browser.

Untuk editor teks bisa gunakan Notepad, bila sistem operasi komputer adalah Windows, Notepad otomatis terinstall. Tetapi jika ingin lainnya, silahkan download Notepad++ di http://notepad-plus-plus.org/, gratis. Untuk browser bisa download di http://www.getfirefox.com, http://chrome.google.com, http://www.apple.com/safari/, atau di http://www.opera.com.

Internal dan External JavaScript
Gunakan cara Internal JavaScript dan External JavaScript untuk menyisipkan JavaScript, kedua cara tersebut via elemen SCRIPT. Atribut SCR berguna untuk menetapkan URI dari file JavaScript yang tersimpan di luar dokumen HTML. Berikut contoh External dan Internal JavaScript berturut-turut:

<SCRIPT SRC="JavaScriptFile.js" TYPE="text/javascript"></SCRIPT> <SCRIPT TYPE="text/javascript"> // kode-kode JavaScript di sini </SCRIPT>

NOSCRIPT
Pesan bisa diberikan melalui elemen NOSCRIPT kepada pengguna yang browsernya tidak mendukung JavaScript. Isi pesan bisa berupa anjuran agar JavaScript di-enable, versi browser perlu diperbaharui, dll. Sebagai contoh:

<SCRIPT TYPE="text/javascript"> alert("Halo!"); </SCRIPT> <NOSCRIPT>Browser tidak mendukung JavaScript!</NOSCRIPT>

Blok Kode
Urutan eksekusi blok kode JavaScript di mulai dari blok paling atas menuju ke bawah, setiap blok kode JavaScript adalah di antara <SCRIPT> dan </SCRIPT>. Berikut gambarannya:

<SCRIPT TYPE="text/javascript"> alert("Blok 1!"); </SCRIPT> <SCRIPT TYPE="text/javascript"> alert("Blok 2!"); </SCRIPT>

Komentar
Sama seperti lainnya, JavaScript memperbolehkan memberikan komentar di dalam kode JavaScript, ada dua cara yang dimungkinkan: pertama menuliskan komentar setelah tanda //, dan cara kedua menuliskan komentar diantara tanda /* dan */, contoh:

document.write("Halo!"); // menuliskan string "Halo!" document.write("Halo!"); /* menuliskan string "Halo!" */

Variabel
Variabel digunakan untuk menyimpan data, contoh di bawah ini JavaScript menganggap bahwa variabel myVar telah dideklarasikan:

myVar = 10;

Untuk lengkapnya mengenai aturan penulisan variabel, silahkan menuju ke halaman Aturan Penulisan Variabel di JavaScript.