Tuesday, January 17, 2012

<BASEFONT>

Elemen BASEFONT digunakan untuk menetapkan default warna huruf, ukuran huruf, dan jenis huruf untuk teks dari semua elemen yang ada dibawahnya elemen ini.

Sintaks:

<basefont Attribute="Value">

Elemen BASEFONT boleh ditetapkan di dalam elemen-elemen Block-Level dan elemen-elemen Inline, kecuali di dalam elemen PRE.

COLOR=Color
Atribut COLOR digunakan untuk menetapkan default warna huruf untuk semua teks yang ada dibawahnya elemen ini, untuk nilainya bisa Color Name dan Hexadecimal Color.

Contoh:

<p>Lorem ipsum...</p> <basefont color="red"> <p>Lorem ipsum...</p> <p>Lorem ipsum...</p>

FACE=CDATA
Atribut FACE digunakan untuk menetapkan default jenis huruf untuk semua teks yang ada dibawahnya elemen ini. Untuk nilainya adalah satu atau lebih nama huruf yang dipisahkan tanda koma.

Contoh:

<p>Lorem ipsum...</p> <basefont color="red" face="Geneva, Arial"> <p>Lorem ipsum...</p> <p>Lorem ipsum...</p>

SIZE=CDATA
Atribut SIZE digunakan untuk menetapkan default ukuran huruf untuk semua teks yang ada dibawahnya elemen ini, nilainya adalah 1, 2, 3 (default), 4, 5, 6, atau 7.

Contoh:

<p>Lorem ipsum...</p> <basefont color="red" face="Geneva, Arial" size="7"> <p>Lorem ipsum...</p> <p>Lorem ipsum...</p>

Catatan: Dampak dari elemen BASEFONT tidak akan mempengaruhi teks dari elemen yang ada dibawahnya elemen ini, itu jika elemen dibawahnya tersebut mempunyai pengaturan warna huruf, ukuran huruf, dan jenis huruf tersendiri.