Tuesday, January 17, 2012

<BDO>

Elemen BDO akan meng-overrides the bidirectional algorithm.

Sintaks:

<bdo Attribute="Value">...</bdo>

Elemen-elemen Inline boleh ditetapkan di dalam elemen BDO. Untuk elemen BDO itu sendiri boleh ditetapkan di dalam elemen-elemen Block-Level dan elemen-elemen Inline.

LANG=LanguageCode dan DIR
Atribut LANG digunakan untuk menetapkan language code yang digunakan oleh elemen BDO ini. Atribut DIR digunakan untuk menetapkan arah penulisan, apakah kiri ke kanan (ltr) atau kanan ke kiri (rtl).

Ini hanya sebagai contoh saja kapan anda menggunakan elemen BDO ini:

  • Jika anda mempunyai artikel yang arah penulisannya dari arah kiri ke kanan (misalnya bahasa Inggris), dan di dalam artikel anda menuliskan sedikit bahasa yang arah penulisannya dari arah kanan ke kiri (misalnya bahasa arab), di sini elemen BDO dengan atribut DIR beserta nilainya rtl diperlukan untuk menuliskan bahasa Arab tersebut.
  • Jika anda mempunyai artikel yang arah penulisannya dari arah kanan ke kiri (misalnya bahasa Arab), dan di dalam artikel anda menuliskan sedikit bahasa yang arah penulisannya dari arah kiri ke kanan (misalnya bahasa Inggris), di sini elemen BDO dengan atribut DIR beserta nilainya ltr diperlukan untuk menuliskan bahasa Inggris tersebut.

Contoh penggunaan elemen BDO="rtl":

<p>--Inggris--<bdo dir="rtl" lang="ar">--Arab--</bdo>--Inggris--</p>

Contoh penggunaan elemen BDO="ltr":

<p>--Arab--<bdo dir="ltr" lang="en-US">--Inggris--</bdo>--Arab--</p>

Elemen BDO juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML.