Tuesday, January 17, 2012

<BODY>

Elemen BODY mewakili tubuh dari suatu dokumen HTML, yaitu dimana sebagian besar elemen-elemen HTML yang dituliskan di dalam sumber kode akan ditampilkan secara visual di dalam jendela browser.

Sintaks:

<body Attribute="Value">...</body>

Di HTML 4.0 Strict, satu atau lebih elemen-elemen Block-Level atau elemen SCRIPT, INS, DEL boleh ditetapkan di dalam elemen BODY. Di HTML 4.0 Transitional, Elemen-elemen Inline, elemen-elemen Block-Level, elemen INS, DEL boleh ditetapkan di dalam elemen BODY.

Untuk elemen BODY itu sendiri di HTML 4.0 Strict atau Transitional boleh ditetapkan di dalam elemen HTML, dan di HTML 4.0 Frameset elemen BODY itu bisa ditetapkan di dalam elemen NOFRAMES.

BACKGROUND=URI
Atribut BACKGROUND digunakan untuk menetapkan lokasi file gambar yang akan digunakan sebagai latarbelakang elemen BODY.

Contoh:

<body background="image.jpg"> ... </body>

Catatan: Atribut BACKGROUND tidak boleh ditetapkan untuk dokumen HTML yang tipe deklarasinya adalah Strict.

BGCOLOR=Color
Atribut BGCOLOR digunakan untuk menetapkan warna tertentu untuk latarbelakang elemen BODY.

Contoh:

<body bgcolor="white"> ... </body>

Catatan: Atribut BGCOLOR tidak boleh ditetapkan untuk dokumen HTML yang tipe deklarasinya adalah Strict. Untuk nilainya Color Name dan Hexadecimal Color HTML.

TEXT=Color
Atribut TEXT digunakan untuk menetapkan warna untuk teks dari elemen BODY.

Contoh:

<body text="black"> ... </body>

Catatan: Atribut TEXT tidak boleh ditetapkan untuk dokumen HTML yang tipe deklarasinya adalah Strict. Untuk nilainya adalah Color Name dan Hexadecimal Color HTML.

LINK=Color, ALINK=Color, dan VLINK=Color
Atribut LINK, VLINK, dan ALINK ini digunakan untuk menetapkan warna untuk teks dari link.

Contoh:

<body bgcolor="black" link="blue" vlink="blue" alink="white"> ... </body>

Catatan: Atribut LINK, VLINK, dan ALINK tidak boleh ditetapkan untuk dokumen HTML yang tipe deklarasinya adalah Strict. Untuk nilainya adalah Color Name dan Hexadecimal Color HTML.

ONLOAD=Script dan ONUNLOAD=Script keduanya adalah atribut event, atribut ONLOAD digunakan untuk menetapkan bahwa script akan dijalankan oleh browser ketika halaman sedang dimuat, sedang atribut ONUNLOAD digunakan untuk menetapkan bahwa script akan dijalankan oleh browser ketika halaman ditutup.

Elemen BODY juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML.