Tuesday, January 17, 2012

<COL>

Elemen COL digunakan untuk menetapkan atribut-atribut umum untuk suatu kolom di dalam elemen TABLE.

Sintaks:

<COL Attribute="Value">

Jika di dalam elemen TABLE, elemen CAPTION dan elemen THEAD ditetapkan atau salah satunya, maka elemen COL harus ditetapkan setelah elemen CAPTION dan sebelum elemen THEAD.

SPAN=Number
Atribut SPAN digunakan untuk menetapkan banyaknya kolom yang akan di-SPAN untuk mendapatkan pengaturan yang sama, nilai defaultnya adalah 1.

ALIGN
Atribut ALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan horisontal bagi isi-isi di setiap cell kolom-kolom yang di-SPAN, nilainya adalah left, center, right, justify, atau char.

ALIGN untuk COL hanya didukung oleh IE dan Opera, IE akan mengabaikan nilai justify, sebagai gantinya IE akan menerapkan nilai center.

CHAR=Character
Atribut CHAR digunakan untuk meluruskan isi-isi di setiap cell kolom-kolom yang di-SPAN berdasar karakter yang diberikan.

Atribut CHAR hanya bisa digunakan jika ALIGN="char".

VALIGN
Atribut VALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan vertikal bagi isi-isi di setiap cell kolom-kolom yang di-SPAN, nilainya adalah top, middle, bottom, atau baseline.

WIDTH=MultiLength
Atribut WIDTH digunakan untuk menetapkan lebar setiap kolom yang di-SPAN oleh COL.

Firefox hanya mendukung atribut WIDTH, lainnya tidak!

Contoh penggunaan elemen COL, COL kali ini akan mengatur kolom di dalam elemen TABEL seperti yang diberikan warna merah:

<TABLE BORDER="1" WIDTH="50%"> <CAPTION ALIGN="right">--CAPTION--</CAPTION> <COL SPAN="2" STYLE="background-color: green;"> <TR> <TH>row 1, header cell 1</TH> <TH>row 1, header cell 2</TH> <TH>row 1, header cell 3</TH> </TR> <TR> <TD>row 2, cell 1</TD> <TD>row 2, cell 2</TD> <TD>row 2, cell 3</TD> </TR> <TR> <TD>row 3, cell 1</TD> <TD>row 3, cell 2</TD> <TD>row 3, cell 3</TD> </TR> </TABLE>

Elemen COL juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML.