Tuesday, January 17, 2012

<HTML>

Elemen HTML adalah root element di dalam suatu dokumen HTML.

Sintaks:

<HTML Attribute="Value">..</HTML>

VERSION=CDATA
Atribut VERSION digunakan untuk menetapkan versi dari dokumen HTML, untuk sekarang ini, atribut VERSION tidak digunakan lagi dan diganti dengan !DOCTYPE.

LANG
Atribut LANG digunakan untuk menetapkan bahasa utama yang sedang digunakan oleh dokumen HTML, Indonesia-kah, Arab-kah, Inggris-kah, atau yang lainnya.

Untuk mengetahui nilai dari atribut LANG, dapat di lihat di ID-ID Bahasa HTML.

Catatan: Jika atribut LANG ditetapkan untuk elemen HTML, itu berarti menggambarkan bahwa bahasa utama dokumen HTML secara keseluruhan adalah sebagaimana nilai atribut LANG itu. Jika atribut LANG ditetapkan untuk selain elemen HTML, itu tidak menggambarkan bahasa utama dari suatu dokumen HTML secara keseluruhan, melainkan hanya untuk menggambarkan bahasa yang sedang digunakan oleh elemen yang terkait saja (lingkup yang lebih kecil).

DIR
Atribut DIR digunakan untuk menetapkan arah penulisan, apakah arah penulisannya dari arah kiri-ke-kanan ('ltr') atau dari arah kanan-ke-kiri ('rtl').

Berikut dokumen HTML yang bahasa utamanya bahasa Inggris:

<HTML LANG="en" DIR="ltr"> ... </HTML>

Berikut dokumen HTML yang bahasa utamanya bahasa Indonesia:

<HTML LANG="ina" DIR="ltr"> ... </HTML>

Catatan: Meskipun di atas elemen HTML ada penulisan !DOCTYPE, !DOCTYPE itu bukanlah termasuk elemen HTML, karena !DOCTYPE hanya digunakan untuk memberitahukan kepada browser bahwa dokumen yang ada adalah dokumen HTML.