Tuesday, January 17, 2012

<INPUT>

Elemen INPUT digunakan untuk membuat form control, misalnya kotak masukan teks, kotak masukan file upload, tombol submit, tombol reset, dan banyak lagi.

Sintaks:

<INPUT Attribute="Value">

Elemen INPUT boleh ditetapkan di dalam elemen-elemen Block-Level dan elemen-elemen Inline, kecuali di dalam elemen BUTTON.

TYPE
Atribut TYPE digunakan untuk menetapkan tipe dari form control, nilainya adalah text, password, checkbox, radio, submit, reset, file, hidden, image, dan button.

SRC=URI
Atribut SRC digunakan untuk menetapkan lokasi gambar yang akan digunakan oleh TYPE="image".

VALUE=CDATA
Atribut VALUE digunakan untuk menetapkan nilai awal elemen INPUT.

ACCEPT=ContentTypes
Atribut ACCEPT digunakan untuk menetapkan jenis media internet yang disetujui untuk dapat diupload, atribut ACCEPT ini hanya untuk TYPE="file".

Untuk nilainya adalah satu atau lebih media internet yang dipisahkan koma, seperti image/gif, image/jpeg, text/html, text/plain, image/xbm, dll.

ALIGN
Atribut ALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan horisontal/vertikal TYPE="image" terhadap elemen-elemen disekitarnya, nilainya adalah top, middle, bottom, left, dan right.

ALT=CDATA
Atribut ALT digunakan untuk memberikan teks alternatif jika gambar tidak dapat ditampilkan oleh browser, atribut ALT ini untuk TYPE="image".

CHECKED
Atribut CHECKED digunakan untuk menetapkan bahwa TYPE="checkbox" atau TYPE="radio" akan dalam keadaan terpilih ketika halaman pertama kali dimuat.

DISABLED
Atribut DISABLED digunakan untuk menetapkan bahwa elemen INPUT dilumpuhkan.

MAXLENGTH=Number
Atribut MAXLENGTH digunakan untuk menentukan batas maksimal masukan karakter yang dapat diberikan ke dalam kotak masukan teks. Atribut MAXLENGTH ini untuk TYPE="text" atau TYPE="password".

NAME=CDATA
Atribut NAME digunakan untuk memberikan nama untuk elemen INPUT.

READONLY
Atribut READONLY digunakan untuk menetapkan bahwa isi dari kotak masukan teks tidak dapat dirubah (read-only), atribut READONLY boleh ditetapkan untuk TYPE="text" atau TYPE="password".

SIZE=CDATA
Untuk TYPE="text" atau TYPE="password", atribut SIZE digunakan untuk menetapkan banyaknya karakter yang terlihat di dalam kotak masukan teks. Untuk selain kedua itu, atribut SIZE digunakan untuk menetapkan lebar.

Contoh penggunaan elemen INPUT:

<FORM NAME="formNAME" ACTION="URIOfProcessingFile.php" METHOD="get"> Nama:<INPUT TYPE="text" NAME="nama"><BR> Email:<INPUT TYPE="text" NAME="email"><BR> PIN:<INPUT TYPE="text" MAXLENGTH="4" SIZE="4" NAME="pin"><BR> <INPUT TYPE="submit" VALUE="Submit"> </FORM>

Elemen INPUT juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML.