Tuesday, January 17, 2012

<META>

Elemen META digunakan untuk menetapkan metadata dokumen HTML.

Sintaks:

<META Attribute="Value">

Elemen META harus ditetapkan dibagian HEAD.

Metadata yang ditetapkan bisa sekitar uraian singkat dokumen HTML, kata kunci untuk menemukan dokumen HTML, informasi pemilik sah dokumen HTML, dll.

Metadata yang ditetapkan elemen META tidak ditampilkan secara visual, tetapi metadata tersebut sangat membantu mesin-mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dll.

CONTENT=CDATA
Atribut CONTENT digunakan sebagai tempat menetapkan informasi atribut NAME atau HTTP-EQUIV:

  • Untuk NAME:
    Misalkan jika NAME="author", maka nilai CONTENT adalah nama sipembuat dokumen itu sendiri. Jika NAME="keywords", maka nilai CONTENT adalah kata kunci yang akan digunakan untuk dokumen, dst.
  • Untuk HTTP-EQUIV:
    Misalkan jika HTTP-EQUIV="content-language", maka nilai CONTENT adalah language code yang digunakan oleh dokumen. Jika HTTP-EQUIV="content-type", maka nilai CONTENT adalah jenis media internet (MIME type) dan character set yang dipisahkan koma untuk digunakan dokumen.

HTTP-EQUIV=Name
Atribut HTTP-EQUIV digunakan untuk menggambarkan HTTP header untuk informasi di dalam atribut CONTENT. Misalnya untuk HTTP-EQUIV="content-language" adalah menggambarkan language code untuk dokumen. Untuk HTTP-EQUIV="content-type" adalah menggambarkan jenis media internet (MIME type) untuk dokumen.

NAME=Name
Atribut NAME digunakan untuk menetapkan nama parameter, seperti author, description, keywords, dll. Misalnya untuk NAME="author" menetapkan nama pemilik dari dokumen. Untuk NAME="keywords" menetapkan kata kunci untuk dokumen. Misalnya lagi NAME="description" menetapkan deskripsi singkat dokumen. Untuk NAME="generator" menetapkan nama program di mana dokumen dibuat, misal Notepad. Untuk NAME="expires" menetapkan masa berlakunya dokumen.

Berikut contoh menetapkan metadata untuk sebuah dokumen HTML:

<HEAD> <META NAME="description" CONTENT="tutorial web" LANG="en" DIR="ltr"> <META NAME="keywords" CONTENT="HTML,css,javascript,DHTML"> <META NAME="author" CONTENT="Gunawan"> <META HTTP-EQUIV="content-type" CONTENT="text/html;charset=UTF-8"> </HEAD>

Untuk atribut LANG dan DIR dapat di lihat di Atribut-Atribut Standard HTML, kedua atribut ini masing-masing digunakan untuk menetapkan language code dan arah penulisan dari atribut CONTENT.