Tuesday, January 17, 2012

<OBJECT>

Elemen OBJECT digunakan untuk mengembed objek-objek, misalnya gambar, audio, video, applet Java, animasi Flash (.swf), PDF, dokumen HTML, dll ke dalam suatu dokumen HTML.

Sintaks:

<OBJECT Attribute="Value">...</OBJECT>

Elemen PARAM yang diikuti elemen-elemen Inline dan/atau elemen-elemen Block-Level boleh ditetapkan di dalam elemen OBJECT. Untuk elemen OBJECT itu sendiri boleh ditetapkan didalam elemen-elemen Block-Level dan elemen-elemen Inline, kecuali di dalam elemen PRE.

ALIGN
Atribut ALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan yang horisontal/vertikal elemen OBJECT terhadap elemen-elemen disekitarnya, nilainya adalah top, middle, bottom, left, dan right.

ARCHIVE=CDATA
Atribut ARCHIVE digunakan untuk menetapkan satu atau lebih file archive yang dipisahkan tanda spasi dan didalamnya berisi object resources, untuk object resources adalah yang ditetapkan atribut CLASSID dan DATA, yang harus pre-load ke dalam local user cache sebelum objek itu dapat dipertunjukkan.

BORDER=Length
Atribut BORDER digunakan untuk menetapkan ketebalan border elemen OBJECT.

CLASSID=URI
Atribut CLASSID digunakan untuk menetapkan lokasi dari implementasi (implementation), umumnya lokasi versi plug-in yang digunakan oleh objek yang diembed elemen OBJECT.

CODEBASE=URI
Atribut CODEBASE digunakan untuk menetapkan default URI untuk atribut CLASSID, DATA, atau ARCHIVE.

CODETYPE=ContentType
Atribut CODETYPE digunakan untuk menetapkan MIME type nilai atribut CLASSID.

DATA=URI
Atribut DATA digunakan untuk menetapkan lokasi objek yang diembed elemen OBJECT.

HEIGHT=Length dan WIDTH=Length
Atribut HEIGHT digunakan untuk menetapkan tinggi elemen OBJECT. Atribut WIDTH digunakan untuk menetapkan lebar elemen OBJECT.

NAME=CDATA
Atribut NAMEdigunakan untuk memberikan nama elemen OBJECT.

STANDBY=Text
Atribut STANDBY digunakan untuk menuliskan pesan pendek selagi objek yang diembed elemen OBJECT sedang dalam proses dimuat (loading).

TYPE=ContentType
Atribut TYPE digunakan untuk menetapkan MIME type nilai atribut DATA.

USEMAP=URI
Atribut USEMAP digunakan untuk menetapkan bahwa elemen OBJECT menggunakan client-side image map, nilainya adalah nilai atribut NAME elemen MAP, dan diawali karakter '#'.

Berikut contoh mengembed dokumen PDF:

<OBJECT DATA="A.pdf" TYPE="application/pdf" WIDTH="300" HEIGHT="200"> Alternatif: <A HREF="A.pdf">Ke dokumen A.pdf</A> </OBJECT>

Berikut contoh mengembed file SWF ke dalam dokumen HTML:

<OBJECT DATA="TextAnimation.swf" WIDTH="320" HEIGHT="400"> <PARAM NAME="quality" VALUE="high"> <PARAM NAME="play" VALUE="true"> <PARAM NAME="loop" VALUE="false"> </OBJECT>