Tuesday, January 17, 2012

<TD>

Elemen TD digunakan untuk menetapkan data cell di dalam elemen TABLE.

Sintaks:

<TD Attribute="Value">...</TD>

Elemen-elemen Inline dan elemen-elemen Block-Level boleh ditetapkan di dalam elemen TD. Untuk elemen TD itu sendiri boleh ditetapkan di dalam elemen TR.

ROWSPAN=Number dan COLSPAN=Number
Atribut ROWSPAN dan COLSPAN digunakan untuk menetapkan banyaknya baris dan banyaknya kolom yang akan dispan oleh elemen TD ini, nilai default kedua atribut ini adalah 1.

ALIGN
Atribut ALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan isi di dalam data cell, nilainya adalah left, center,right, justify, dan char.

CHAR
Atribut CHAR digunakan untuk menetapkan kelurusan isi di dalam data cell berdasarkan karakter yang ditetapkan, atribut CHAR hanya dapat digunakan jika ALIGN="char".

WIDTH=Pixels dan HEIGHT=Pixels
Atribut WIDTH digunakan untuk menetapkan lebar data cell, sedang atribut HEIGHT digunakan untuk menetapkan tinggi data cell.

BGCOLOR=Color
Atribut BGCOLOR digunakan untuk menetapkan warna latarbelakang data cell.

Atribut WIDTH, HEIGHT dan BGCOLOR tidak boleh ditetapkan untuk dokumen HTML yang tipe deklarasinya Strict.

NOWRAP
Atribut NOWRAP digunakan untuk menetapkan bahwa isi di dalam data cell akan ditampilkan satu baris penuh, atribut NOWRAP tidak boleh ditetapkan di dalam dokumen HTML yang tipe deklarasi dokumennya Strict.

VALIGN
Atribut VALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan yang vertikal untuk isi di dalam data cell, nilainya adalah top, middle, bottom, dan baseline.

Contoh penggunaan elemen TD:

<TABLE BORDER="1"> <TR> <TH>Merek</TH> <TH>Harga</TH> </TR> <TR> <TD>Dell</TD> <TD>Rp. 5 juta</TD> </TR> </TABLE>

Elemen TD juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML.