Tuesday, January 17, 2012

<TEXTAREA>

Elemen TEXTAREA digunakan untuk membuat multi-line text input di dalam HTML form, dengan itu memungkinkan pengguna memasukkan banyak baris teks ke dalamnya.

Sintaks:

<TEXTAREA Attribute="Value">...</TEXTAREA>

Elemen TEXTAREA boleh ditetapkan di dalam elemen-elemen Block-Level, Elemen-elemen Inline, kecuali di dalam elemen BUTTON. Khusus untuk Netscape Navigator, elemen TEXTAREA tidak akan ditampilkan bila elemen ini ditetapkan diluar elemen FORM.

NAME=CDATA
Atribut NAME digunakan untuk menetapkan nama elemen TEXTAREA.

COLS==Number
Atribut COLS digunakan untuk menetapkan banyaknya kolom elemen TEXTAREA, nilai yang diberikan untuk atribut ini akan menentukan lebar elemen TEXTAREA nantinya.

ROWS=Number
Atribut ROWS digunakan untuk menetapkan banyaknya baris elemen TEXTAREA, nilai yang diberikan untuk atribut ini akan menentukan tinggi elemen TEXTAREA nantinya.

READONLY
Atribut READONLY digunakan untuk mencegah isi di dalam elemen TEXTAREA dapat diedit, tetapi user dapat men-tab-nya, menyeleksi dan menyalin isinya.

ONFOCUS=Script dan ONBLUR=Script
Atribut ONFOCUS digunakan untuk menetapkan bahwa script akan dijalankan oleh browser ketika elemen TEXTAREA mendapatkan fokus, dan untuk atribut ONBLUR digunakan untuk menetapkan bahwa script akan dijalankan oleh browser ketika elemen TEXTAREA kehilangan fokus.

ONSELECT=Script dan ONCHANGE=Script
Atribut ONSELECT digunakan untuk menetapkan bahwa script akan dijalankan oleh browser ketika isi elemen TEXTAREA terseleksi oleh pengguna, dan untuk atribut ONCHANGE digunakan untuk menetapkan bahwa script akan dijalankan oleh browser ketika isi elemen TEXTAREA ini dirubah oleh pengguna.

Contoh penggunaan elemen TEXTAREA di dalam HTML form:

<FORM NAME="myform" METHOD="post" ACTION="URIOfProcessingFile.php"> Nama: <INPUT TYPE="text" NAME="nama" VALUE=""><BR> Email: <INPUT TYPE="text" NAME="email" VALUE=""><BR> Password: <INPUT TYPE="password" NAME="password" VALUE=""><BR> Komentar: <TEXTAREA ROWS="5" COLS="16"></TEXTAREA><BR> <INPUT TYPE="submit" NAME="kirim" VALUE="Submit"> </FORM>

Elemen TEXTAREA juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML. Untuk atribut ACCESSKEY dan TABINDEX dapat di lihat di Atribut-Atribut Keyboard HTML.