Tuesday, January 17, 2012

<TH>

Elemen TH digunakan untuk menetapkan header cell di dalam elemen TABLE.

Sintaks:

<TH Attribute="attributeValue">...</TH>

Elemen-elemen Inline dan elemen-elemen Block-Level boleh ditetapkan di dalam elemen TH. Untuk elemen TH itu sendiri boleh ditetapkan di dalam elemen TR.

Isi elemen TH secara default akan ditampilkan dengan huruf tebal dan rata tengah.

ROWSPAN=Number dan COLSPAN=Number
Atribut ROWSPAN dan COLSPAN masing-masing digunakan untuk menetapkan banyaknya baris dan banyaknya kolom yang akan dispan oleh elemen TH ini, nilai default kedua atribut ini adalah '1'.

ALIGN
Atribut ALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan isi di dalam header cell, nilainya adalah left, center,right, justify, dan char.

CHAR
Atribut CHAR digunakan untuk menetapkan kelurusan isi di dalam header cell berdasarkan karakter yang ditetapkan, atribut CHAR hanya dapat digunakan jika ALIGN="char".

WIDTH=Pixels dan HEIGHT=Pixels
Atribut WIDTH digunakan untuk menetapkan lebar header cell, sedang atribut HEIGHT digunakan untuk menetapkan tinggi header cell.

BGCOLOR=Color
Atribut BGCOLOR digunakan untuk menetapkan warna latarbelakang header cell.

Atribut WIDTH, HEIGHT dan BGCOLOR tidak boleh ditetapkan untuk dokumen HTML yang tipe deklarasinya Strict.

Atribut NOWRAP digunakan untuk menetapkan bahwa isi di dalam header cell akan ditampilkan satu baris penuh, atribut NOWRAP tidak boleh ditetapkan di dalam dokumen HTML yang tipe deklarasi dokumennya Strict.

VALIGN
Atribut VALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan yang vertikal untuk isi di dalam header cell, nilainya adalah top, middle, bottom, dan baseline.

Contoh penggunaan elemen TH:

<TABLE BORDER="1"> <TR> <TH>Merek</TH> <TH>Harga</TH> </TR> <TR> <TD>Dell</TD> <TD>Rp. 5 juta</TD> </TR> </TABLE>

Elemen TH juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML.