Saturday, June 9, 2012

Event Handler

Event adalah pencetus atau penyebab kode JavaScript dijalankan, contohnya kode JavaScript akan dijalankan ketika pengguna mengklik tombol, kode JavaScript akan dijalankan jika halaman HTML pertama kali ditampilkan, dan sebagainya.

Sebelumnya...
Fungsi yang menghandle event dinamakan event handler. Proses meregister event handler kepada event di suatu elemen dinamakan registering an event handler.

Nama event handler adalah nama event yang didahului oleh on, sebagai contoh, event handler untuk event focus menjadi onFocus. Anda dapat menggambarkan event handler di dalam tag awal dari elemen HTML, dan untuk menempatkan kode JavaScript harus di dalam tanda kutip seperti ketika memberikan nilai atribut untuk elemen HTML.

Sintaks:

<TAG eventHandler="JavaScript Code">

Di mana TAG adalah tag HTML dan eventHandler adalah nama event handler dan "JavaScript Code" adalah kode JavaScript yang akan dijalankan ketika pencetus atau penyebabnya terpenuhi.

Atau hanya ingin meregister event handler pyur... menggunakan JavaScript saja, tanpa harus berkutat di dalam tag-tag HTML. Untuk hal itu berikut bentuknya:

Obj.eventHandler=handleEvent;

Di mana Obj bisa elemen HTML, document, atau window. Untuk eventHandler adalah nama event handler, pastikan penulisannya menggunakan huruf kecil semua, misalnya onClick harus dituliskan onclick. Untuk handleEvent adalah kode JavaScript yang akan dijalankan ketika pencetus atau penyebabnya terpenuhi, kode JavaScript ini harus digambarkan sebagai suatu fungsi.

Contoh berikut meregister event handler di dalam tag HTML:

<A HREF="#" ONCLICK="alert('Halo saya event handler')">Visit to X.com</A>

Contoh berikut meregister event handler pyur... menggunakan JavaScript:

<A ID="anchorID" HREF="#">Visit to X.com</A> <SCRIPT TYPE="text/javascript"> function HandleEvent() { alert("Halo saya event handler"); } document.getElementById("anchorID").onclick=HandleEvent; </SCRIPT>