Friday, June 22, 2012

indexOf()

Metode String.indexOf() mengembalikan indeks dari karakter yang pertama kali ditemukan di dalam string target, metode ini melaksanakan pencarian dari kiri ke kanan.

Sintaks:

stringObj.indexOf(searchValue, fromIndex)
  • searchValue digunakan untuk menetapkan substring yang akan di cari.
  • fromIndex (opsional) digunakan untuk menetapkan indeks awal pencarian di mulai, jika paramater fromIndex dihilangkan, maka awal pencarian di mulai dari indeks ke 0. Jika nilai yang dicari tidak ditemukan, -1 akan dikembalikan.

String.indexOf() adalah metode standard JavaScript 1.0+, JScript 1.0+, ECMAScript 1.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, IE 3+, Netscape Navigator 2.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Contoh di bawah ini mencoba mencari karakter "a" dan karakter "l" di dalam string stringObj, setelah dijalankan masing-masing mengembalikan 1 dan -1. Untuk 1, pencarian "a" ditemukan dan berada pada indeks ke 1. Untuk -1, pencarian "l" tidak ditemukan, karena terhitung dari indeks ke 3 dan setelahnya tidak ada karakter "l" ("l" berada pada indeks ke 2):

var stringObj = new String("Halo!"); document.write(stringObj.indexOf("a",1)); // 1 document.write(stringObj.indexOf("l",3)); // -1

Ilustrasi untuk "Halo!":
Sebagai contoh jika mencari "a" menggunakan String.indexOf() dan menetapkan indeks awal pencarian pada indeks ke 1 ("a"), maka awal pencarian di mulai "a" ke kanan. Coba lihat yang diberi warna merah, itu area pencariannya. Berdasar area pencarian, untuk "a" ditemukan dan berada di indeks ke 1, karena pencariannya di mulai dari "a" ke kanan.

"H a l o !"

Jika mencari "l" menggunakan String.lastIndexOf() dan menetapkan indeks awal pencarian pada indeks ke 3 ("o"), maka awal pencarian di mulai dari "o" ke kiri. Coba lihat yang diberi warna merah, itu area pencariannya. Berdasar area pencarian, "l" ditemukan dan berada di indeks ke 2, karena pencariannya di mulai dari "o" ke kiri.

"H a l o !"