Friday, June 22, 2012

replace()

Metode String.replace() mengganti substring di dalam string target yang cocok dengan pattern dari regular expression dengan substring yang baru.

Pada akhirnya, anda akan mendapatkan salinan dari string target beserta substring yang telah diganti oleh substring yang baru.

Sintaks:

stringObj.replace(regexp, newSubStr)
  • regexp digunakan untuk menetapkan regular expression, di mana regular expression berisi pattern untuk dicocokkan.
  • newSubStr digunakan untuk menetapkan substring pengganti bagi substring yang telah ditemukan di dalam string target.

String.replace() adalah metode standard JavaScript 1.2+, JScript 3.0+, ECMAScript 3.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, IE 4.0+, Netscape Navigator 3.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Contoh di bawah ini mencari kata "HTML", jika ditemukan, "HTML" ganti dengan "Javascipt":

var stringObj = new String("Saya sedang belajar HTML"); var regexObj = /HTML/gi; document.write(stringObj.replace(regexObj, "Javascript")); // "Saya sedang belajar Javascript"

Contoh di bawah ini mengganti semua karakter "a" di dalam stringObj dengan karakter "E", pastikan flag gi digunakan untuk memastikan semua karakter "a" baik kecil maupun besar di dalam string tercangkup:

var stringObj = new String("Saya sedang belAjAr JavaScript"); var regexObj = /a/gi; document.write(stringObj.replace(regexObj, "E")); // "SEyE sedEng belEjEr JEvEScript"