Friday, June 22, 2012

search()

Metode String.search() mengembalikan posisi dari substring yang pertama kali cocok dengan regular expression.

Sintaks:

stringObj.search(regexp)
  • regexp digunakan untuk menetapkan regular expression, di mana regular expression berisi pattern untuk dicocokkan. Jika substring ditemukan di dalam string target, metode ini mengembalikan angka yang menunjukkan indeks dari substring itu, jika substring tidak ditemukan, -1 dikembalikan.

String.search() adalah metode standard JavaScript 1.2+, JScript 3.0+, ECMAScript 3.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, IE 4.0+, Netscape Navigator 3.0+, Opera 5.0+, Safari 1.0+.

Contoh di bawah ini mencari kata "kucing" di dalam string target stringObj, jika ditemukan, metode ini akan mengembalikan indeks dari "kucing" di dalam string target:

var stringObj = new String("Aku mempunyai kucai eh kucing hitam dirumah!"); var regexObj = /kucing/; document.write(stringObj.search(regexObj)); // 23

Contoh di bawah ini mencari karakter "k" di dalam string target stringObj, jika ditemukan, metode ini akan mengembalikan indeks dari "k" di dalam string target:

var stringObj = new String("Aku mempunyai kucai eh kucing hitam dirumah!"); var regexObj = /k/; document.write(stringObj.search(regexObj)); // 1