Friday, June 22, 2012

split()

Metode String.split() membagi-bagi objek String menjadi beberapa bagian, kemudian memisahkannya dengan separator yang ditetapkan.

Sintaks:

stringObj.split(separator, limit)
  • separator (optional) digunakan untuk menetapkan karakter pemisahnya.
  • limit (optional) digunakan untuk menetapkan banyaknya bagian di dalam objek String yang akan diambil.

String.split() adalah metode standard JavaScript 1.1+, JScript 3.0+, ECMAScript 1.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, IE 4.0+, Netscape Navigator 3.0+, Opera 3.0+, dan Safari 1.0+.

Contoh di bawah ini hanya mengambil sebanyak 3 kata di dalam stringObj:

var stringObj = new String("Saya sedang ingin belajar JavaScript!"); document.write(stringObj.split(" ", 3)); // Saya,sedang,ingin

Contoh di bawah ini hanya mengambil sebanyak 3 karakter di dalam stringObj:

var stringObj = new String("Saya sedang ingin belajar JavaScript!"); document.write(stringObj.split("", 3)); // S,a,y

Menggunakan metode String.split() ini berarti anda sedang mengkonversi objek String ke dalam objek Array. Sebagai contoh:

var stringObj = new String("Saya sedang ingin belajar JavaScript!"); var arr = stringObj.split(" ", 3); // Saya,sedang,ingin alert(arr[0]); // "Saya" alert(arr[1]); // "sedang" alert(arr[2]); // "ingin"