Monday, June 11, 2012

delete

Operator delete bisa digunakan untuk menghapus properti dari suatu objek atau bisa juga digunakan untuk menghapus elemen di dalam Array berdasar indeksnya.

Sintaks:

delete ObjName.property delete ObjName[index] delete property

Operator delete adalah operator standard JavaScript 1.0+, JScript 3.0+, ECMAScript 1.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 4.0+, Netscape Navigator 2.0+, Opera 5.0+, Safari 1.0+.

Jika operator delete berhasil melaksanakan operasinya, nilai true dikembalikan. Dan tipe untuk nilai yang telah berhasil di hapus adalah undefined.

delete ObjName.property
ObjName adalah nama objek yang propertinya ingin dihapus, dan property adalah properti di dalam ObjName yang ingin dihapus.

Contoh di bawah ini menggunakan bentuk sintaks yang pertama untuk menghapus properti lastname dari objek Person:

var Person = {firstname:"Gunawan", lastname:"Doang", age:23} for (var data in Person) { delete Person.lastname; document.write(data+" : "+Person[data]+"<BR>"); }

delete ObjName[index]
ObjName adalah nama objek yang propertinya ingin dihapus, dan index adalah indeks ke berapa atau elemen yang mana ingin dihapus.

Contoh di bawah ini menggunakan bentuk sintaks yang kedua untuk menghapus elemen pada indeks ke-1 di dalam objek myArr:

var myArr = new Array(); myArr[0] = "A"; myArr[1] = "B"; myArr[2] = "C"; for (var i in myArr) { delete myArr[1]; document.write(myArr[i]+"<BR>"); }

delete property
Bentuk ini hanya bisa diterapkan di dalam statemen with.

Contoh di bawah ini operator delete digunakan untuk menghapus properti lastname dari objek Person:

var Person = {firstname:"Gunawan", lastname:"Doang", age:23} with (Person) { delete lastname; for (var i in Person) { document.write(i+" : "+Person[i]+"<BR>"); } }