Monday, June 11, 2012

== (Equality)

Operator == (Equality) digunakan untuk membandingkan operand A dengan operand B, perbandingan akan mengembalikan true jika operand A dan operand B sama nilainya (tanpa memperdulikan tipe data dari kedua operand yang dibandingkan), selain itu false dikembalikan.

Sintaks:

A == B

Operator == adalah operator standard JavaScript 1.0+, JScript 1.0+, ECMAScript 1.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 3+, Netscape Navigator 2.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Operator == ini mempunyai cara kerja yang sama seperti operator === (Strict Equality), perbedaannya hanya dipenanganan tipe datanya saja, operator === sangat ketat dan peduli untuk tipe data dari kedua operand yang dibandingkan.

Jika mencoba membandingkan null dengan undefined, hasil yang dikembalikan adalah true. Jika mencoba membandingkan true dengan 1, hasil yang dikembalikan adalah true. Jika mencoba membandingkan false dengan 0, hasil yang dikembalikan adalah true.

Contoh di bawah ini hanya menguji apakah variabel A sama nilainya dengan variabel B. Sebenarnya secara otomatis nilainya sama karena ada deklarasi variabel yang menyatakan bahwa nilai variabel A diberikan untuk variabel B -- 'var B=A;' --:

var A = prompt("Input: ", ""); var B = A; if (A == B) { alert("Input anda: "+A); }

Contoh di bawah ini hanya menguji apakah karakter "C" sama dengan "\u0043" (bentuk notasi Unicode)? Jawabnya true -- benar, karena "\u0043" di dalam bentuk Unicode memang mewakili karakter "C" di dalam bentuk ASCII (ISO-Latin-1):

var A = "\u0043"; var B = "C"; if (A == B) { alert("Benar!"); //ini dijalankan }else{ alert("Salah!"); }