Saturday, June 9, 2012

Operator

Operator adalah simbol atau simbol-simbol yang digunakan untuk menyusun suatu ekspresi, dan biasanya dengan melibatkan satu atau lebih operand, itu semua tergantung dari jenis operator yang digunakan.

10+3

Untuk ekspresi di atas ada dua operand yang dilibatkan, 10 dan 3. Adapaun 10+3 sendiri dinamakan ekspresi, dalam hal ini digunakan untuk melakukan operasi matematika, yaitu tambah-tambahan. Untuk operator yang digunakan di dalam ekspresi itu adalah operator +.

Untuk menjadi operand tidak harus berupa angka, bisa saja literal, atau variabel.

Derajat Operator
Setiap operator mempunyai prioritas pengerjaan yang berbeda-beda. Misalkan suatu ekspresi yang didalamnya melibatkan banyak operator, maka urutan pengerjaannya didasarkan oleh derajat operator-operator tersebut.

Sebagai contoh:

5+9*2

Ekspresi di atas akan dievaluasi sebagai berikut:

  1. 9*2 mempunyai prioritas pengerjaan yang utama, karena operator * mempunyai derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan operator +. Jadi 9*2 harus diketahui hasilnya terlebih dahulu, barulah hasil dari 9*2 tersebut ditambah dengan 5.
  2. Terakhir hasil yang dikembalikan oleh ekspresi diatas itu adalah 23 dan bukan 28.

Tetapi bagaimana urutan pengerjaannya jika di dalam suatu ekspresi melibatkan lebih dari satu operator yang memiliki derajat yang sama?

Umumnya urutan pengerjaannya dievaluasi dari kiri ke kanan (semisalnya operator + dan operator -), tetapi ada juga yang urutan pengerjaannya dievaluasi dari kanan ke kiri (semisal operator =, -=, dan +=).

Kadangkala ada juga urutan pengerjaannya dievaluasi tidak tergantung dari prioritas operator yang bersangkutan, tetapi dievaluasi berdasarkan tanda kurung.

Sebagai contoh:

(5+9)*2

Ekspresi diatas akan dievaluasi sebagai berikut:

  1. (5+9) mempunyai prioritas pengerjaan yang utama, karena operator () mempunyai derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan operator *. Jadi ekspresi dari 5+9 harus diketahui hasilnya terlebih dahulu, barulah hasil dari 5+9 tersebut dikalikan dengan nilai 2.
  2. Terakhir hasil yang dikembalikan oleh ekspresi diatas itu adalah 28 dan bukan 23.