Tuesday, July 3, 2012

isFinite()

Function.isFinite() mengembalikan nilai boolean yang menunjukkan apakan nilai di dalam number adalah nilai yang terbatas atau bukan.

Sintaks:

isFinite(number)
  • number harus bertipe number.

Jika true dikembalikan, itu menunjukkan bahwa nilai di dalam parameter number adalah nilai yang terbatas, di mana nilai itu dapat ditangani oleh JavaScript. Nilai yang dapat ditangani JavaScript di antara Number.MIN_VALUE dan Number.MAX_VALUE.

Sebaliknya jika false dikembalikan, itu menunjukkan bahwa nilai di dalam parameter number adalah nilai yang tidak terbatas, di mana nilai itu tidak dapat ditangani oleh JavaScript. Nilai yang tidak dapat ditangani JavaScript di antara Number.NEGATIVE_INFINITY dan Number.POSITIVE_INFINITY.

Function.isFinite() adalah fungsi standard JavaScript 1.1+, JScript 3.0+, ECMAScript 1.0+ dan didukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 4.0+, Netscape Navigator 4.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Contoh berikut menguji keluaran dari Number.MIN_VALUE, Number.MAX_VALUE, Number.NEGATIVE_INFINITY, dan Number.POSITIVE_INFINITY menggunakan fungsi ini:

document.write(isFinite(Number.MIN_VALUE)); // true document.write(isFinite(Number.MAX_VALUE)); // true document.write(isFinite(Number.NEGATIVE_INFINITY)); // false document.write(isFinite(Number.POSITIVE_INFINITY)); // false

Contoh berikut Function.isFinite() digunakan untuk menguji apakah nilai variabel myNum1 dan myNum2 nilai yang terbatas atau bukan:

var myNum1 = 100; if(isFinite(myNum1)) { //ini akan dijalankan document.write(myNum1 + " adalah finity."); }else{ document.write(myNum1 + " adalah infinity."); } var myNum2 = Infinity; if(isFinite(myNum2)) { document.write(myNum2 + " adalah finity.); }else{ //ini akan dijalankan document.write(myNum2 + " adalah infinity."); }