Tuesday, July 3, 2012

parseInt()

Function.parseInt() mengkonversi angka-angka yang terlampir di dalam tanda kutip ke dalam bilangan bulat.

Sintaks:

parseInt(numString); parseInt(numString, radix);
  • numString berisi angka-angka yang terlampir di dalam tanda kutip. Jika karakter pertama di dalam parameter tidak dapat dikonversi atau bukan angka -- kecuali spasi --, maka Function.parseInt() akan mengembalikan NaN.
  • radix digunakan untuk menetapkan base-n yang digunakan oleh numString, dan untuk nilai parameter numString harus nilai valid dari base-n itu sendiri.

Function.parseInt() adalah fungsi standard JavaScript 1.0+, JScript 1.0+, ECMAScript 1.0+ dan didukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 3+, Netscape Navigator 2.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Contoh berikut mengkonversi setiap nilai di parameter numString ke bilangan bulat. Jika numString tidak dapat dikonversi, NaN dikembalikan:

document.write(parseInt("10")); // 10 document.write(parseInt("10.55")); // 10 document.write(parseInt(" 10 ")); // 10 document.write(parseInt("10ABC")); // 10 document.write(parseInt("ABC")); // NaN

Contoh berikut mengkonversi setiap nilai di parameter numString ke dalam bilangan bulat, yaitu dengan mengkonversi base2, base8, base16 ke dalam bilangan bulat berturut-turut:

document.write(parseInt("1010", 2)); // 10 document.write(parseInt("020", 8)); // 16 document.write(parseInt("0x2F", 16)); // 47

Untuk mengkonversi angka-angka yang terlampir di dalam tanda kutip ke dalam bilangan titik kambang (floating number), bisa anda gunakan Function.parseFloat().