Thursday, October 18, 2012

Apa Itu Atribut

Elemen merupakan struktur pembangun suatu dokumen HTML, setiap elemen akan memberitahukan kepada browser untuk bagaimana menampilkannya dengan sesuai ke dalam jendela browser, contohnya BR akan menginformasikan kepada browser agar membuat baris baru.

Setiap elemen yang mendukung atribut, kita diperkenankan menambahkan satu atau lebih informasi tambahan, informasi tambahan seperti itu dinamakan atribut.

Sebagai contoh, STYLE adalah informasi tambahan yang diberikan untuk elemen H2, itu digunakan untuk memberitahukan kepada browser bahwa teks dari elemen H2 harus diberikan style tertentu:

<H2 STYLE="color: green;">Halo Dunia!</H2>

Contoh di atas, nilai STYLE adalah color: green; -- dan ini memberitahukan kepada browser bahwa style yang harus diberikan untuk H2 adalah dampak warna teksnya ke warna hijau.

Pastikan penulisan atribut harus di dalam tag awal dari suatu elemen, sebagai contoh penulisan di bawah ini adalah penempatan atribut yang salah:

<H2>Halo Dunia!</H2 STYLE="color: green;">

Dan dibawah ini contoh penempatan atribut yang benar:

<H2 STYLE="color: green;">Halo Dunia!</H2>

Jadi untuk penulisan atribut harus diawali dengan nama atribut, tanda sama dengan, tanda kutip, nilai atribut, tanda kutip -- dan terlihat seperti berikut sintaksnya:

<HTMLElement Attribute="AttributeValue">

Pemberian informasi tambahan boleh satu atau lebih, contohnya seperti berikut:

<H2 STYLE="color: green;" CLASS="myclass">Halo Dunia!</H2>