Saturday, January 5, 2013

Aturan Penggunaan Tanda Kutip di dalam String

Interpreter JavaScript mengharuskan data string itu terlampir di dalam tanda kutip ganda atau tunggal. Contoh berikut menuliskan Beberapa karakter ke halaman:

document.write("Beberapa karakter"); document.write('Beberapa karakter');

Tanda kutip ("" atau '') tidak akan dituliskan ke halaman, karena mereka bukanlah bagian dari string, mereka hanya mengatakan kepada JavaScript di mana string dimulai dan string diakhiri.

Cara sebelumnya dibenarkan untuk menandai string, tetapi tidak dibenarkan jika seperti berikut:

document.write('Beberapa karakter"); document.write("Beberapa karakter');

Jika diawali dengan ", pastikan juga diakhiri dengan ". Sebaliknya, jika diawali dengan ', pastikan juga diakhiri dengan '.

Jika menginginkan di dalam string terdapat tanda kutip tunggal, misalkan ingin menuliskan Thank's buat kamu ke dalam halaman, penulisannya stringnya harus terlampir di dalam tanda kutip ganda:

document.write("Thank's buat kamu");

Dan tidak boleh terlampir di dalam tanda kutip tunggal, ini akan menyebabkan kesalahan sintaks karena interpreter JavaScript berpikir akhir string adalah setelah k di dalam kata Thank dan interpreter JavaScript tidak lagi memahami apa yang ada setelah k itu.

Pastikan tanda kutip ganda digunakan untuk membatasi string yang berisi tanda kutip tunggal dan sebaliknya gunakan tanda kutip tunggal untuk membatasi string yang berisi tanda kutip ganda, seperti berikut:

document.write("Thank's buat kamu"); // Thank's buat kamu document.write('Beberapa "karakter"'); // Beberapa "karakter"