Sunday, January 27, 2013

Membuat Objek Sendiri di JavaScript II

Untuk membuat objek di JavaScript selain cara yang ada di artikel Membuat Objek Sendiri di JavaScript, anda juga bisa membuatnya dengan mendefinisikan dan membuat instansi dari objek secara langsung.

Cara ini tidak perlu gunakan constructor function, dan cara ini hanya perlu gunakan objek Object atau gunakan penulisan literal.

Sebagai contoh saya ingin membuat instansi objek yang baru bernama bird:

var bird = new Object(); bird.name = "Cendrawasih"; bird.origin = "Irian Jaya";

Dan ketika ingin mengakses setiap properti dari instansi objek bird adalah seperti berikut:

Mengakses properti name:

bird.name

Mengakses properti origin:

bird.origin

Dan berikut contoh ketika saya ingin menuliskannya ke halaman:

document.write("Saya mempunyai burung "+bird.name+", dan dia berasal dari "+bird.origin);

Contoh kode lengkapnya:

<SCRIPT TYPE="text/javascript"> var bird = new Object(); bird.name = "Cendrawasih"; bird.origin = "Irian Jaya"; document.write("Saya mempunyai "+bird.name+", dan dia berasal dari "+bird.origin); </SCRIPT>

Untuk penulisan literalnya, anda bisa menuliskannya seperti berikut:

var bird = {name:"Cendrawasih",origin:"Irian Jaya"};

Dan untuk mengakses setiap propertinya sama seperti sebelumnya. Berikut contoh kode lengkapnya:

<SCRIPT TYPE="text/javascript"> var bird = {name:"Cendrawasih",origin:"Irian Jaya"}; document.write("Saya mempunyai "+bird.name+", dan dia berasal dari "+bird.origin); </SCRIPT>