Monday, January 28, 2013

Mendeklarasikan Variabel di JavaScript

Jika anda pernah mempelajari bahasa pemrograman lainnya, dipastikan telah mengenal dengan namanya variabel.

Di JavaScript, untuk menandai adanya pembuatan suatu variabel adalah seperti berikut:

var myVar;

Ketika anda mendefinisikan variabel yang baru, anda dapat secara langsung memberikan variabel itu dengan suatu nilai, seperti dalam contoh-contoh berikut:

var myVar = {name:"Gunawan", age:30}; var yourVar = 12; var ourVar = true;

Anda juga dapat mendeklarasikan variabel-variabel ganda secara bersamaan dengan menggunakan single var, seperti contoh-contoh berikut:

var myVar, yourVar, ourVar = 1; // Hanya ourVar yang mempunyai nilai var myVar = 1, yourVar = 2, ourVar = 3; // Semuanya mempunyai nilai

Anda tidak harus selalu dengan tegas mendefinisikan variabel sebelum menggunakan mereka. Sebagai contoh, berikut mendeklarasikan variabel bernama myAge dan menugaskan nilai 30 untuknya:

myAge = 30;

Di atas adalah contoh mendeklarasikan variabel dengan cara implicitly, dengan operator = untuk menugaskan nilainya.

Ketika anda menggunakan hal ini, variabel itu ditugaskan kepada global scope (variabel global), maksudnya variabel itu akan dapat di akses oleh semua blok script, semua fungsi, dan semua statemen.

Untuk pembahasan mengenai scope dari variabel akan dibahas pada artikel lainnya.

Identifiers
Identifiers adalah string yang anda gunakan untuk penamaan variabel. Untuk bagaimana aturan dari penamaan variabel, silahkan lihat artikel Aturan Penulisan Variabel Di JavaScript.

Weak Typing
Juga dikenal sebagai loose typing dan dia kebalikannya dari strong typing, weak typing adalah aturan-aturan mengenai type conversion dan biasanya anda dapat re-assign tipe dari variabel-variabel.

Karena JavaScript adalah bahasa script yang dinamis. Hal ini berarti bahwa tipe data pada Javascript tidak baku tetapi bisa berubah dari tipe satu ke tipe yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Di JavaScript untuk weak typing sangat mudah. Sebagai contoh, awalnya anda telah mendeklarasikan:

var myVar = 10;

Pada baris lainnya, anda mendeklarasikan:

var myVar = "Ini adalah string";

Itu akan membuat tipe myVar menjadi "string" yang semulanya adalah "number". JavaScript akan secara otomatis mengubah tipe data berdasar ekspresi yang ditentukan.

Sebagai contoh lagi anda mempunyai dua variabel seperti berikut:

var myVar = 10; var yourVar = "Ini adalah string";

Dan ketika anda menuliskan kode pada baris berikutnya seperti ini:

myVar = yourVar;

Seperti diketahui tipe myVar diawal adalah "number" dan tipe yourVar adalah "string", dan ketika adanya operasi penugasan seperti di atas, myVar akan menjadi "string" dan bukan "number" lagi.

Atau sebaliknya:

yourVar = myVar;

Itu akan menyebabkan yourVar menjadi "number" yang sebelumnya bertipe "string".