Thursday, January 31, 2013

Menggabungkan String di JavaScript

Anda ingin menggabungkan dua buah string menjadi satu atau menginginkan satu string panjang yang dihasilkan dari banyaknya potongan-potongan string.

Di dalam single statement, gunakan operator + untuk menggabungkan dua potongan string menjadi satu.

Sebagai contoh:

var longString = "potongan string pertama " + "potongan string kedua.";

Untuk membuat satu string panjang yang dihasilkan dari banyaknya potongan-potongan string, anda bisa gunakan operator +=.

Sebagai contoh:

var result = ""; result += "Nama saya adalah " + Me.name; result += " dan usia saya adalah " + Me.age;

Anda sebenarnya bisa saja menggunakan lebih dari satu operator + di dalam single statement untuk membuat satu string panjang yang dihasilkan dari banyaknya potongan-potongan string, tetapi anda perlu memikirkan masalah word wrapping dari kode sumber anda nantinya.

Masalah muncul juga ketika ada penulisan di dalam kode sumber seperti berikut:

var longString = "potongan string pertama " + "potongan string kedua.";

Itu menyebabkan interpreter JavaScript akan memperlakukan untuk baris yang pertama seolah-olah seperti di bawah ini, dan ini menyebabkan suatu kesalahan:

var longString = "potongan string pertama " + "potongan;

Ini dikarenakan interpreter JavaScript mempunyai satu built-in feature yang secara otomatis menyisipkan titik koma di ujung dari baris kode sumber, anda tidak bisa serta merta mem-break string hanya dengan gunakan carriage return character di dalam kode sumber tanpa meletakkan sintaks penanda ganti baris yang benar di dalam kode sumber untuk menandai adanya lanjutan dari nilai string.

Untuk pemecahan masalah di atas, sebaiknya anda selalu menambahkan tanda kutip lalu diikuti operator + diakhir di mana anda perlukan. Seperti contoh berikut (lihat bagian kode di bawah ini yang diberikan warna hijau):

var longString = "potongan string pertama " + "potongan " + "string kedua.";