Wednesday, April 17, 2013

Memeriksa Apakah Node Mempunyai Atribut

Dengan DOM anda dapat memeriksa apakah suatu node (Element node) mempunyai atribut atau tidak.

Untuk memeriksa apakah elemen mempunyai atribut atau tidak, gunakan metode Node.hasAttributes(), metode ini akan mengembalikan true jika elemen mempunyai atribut, sebaliknya false.

Contoh kode berikut memeriksa apakah elemen P mempunyai atribut:

<p style="color: red">Ini alinea.</p> <script> var x = document.getElementsByTagName("p"); alert(x[0].hasAttributes()); // true </script>

Contoh di atas true dikembalikan, karena elemen P mempunyai atribut, yaitu STYLE. Coba hilangkan atribut STYLE, false akan dikembalikan.

Lain halnya jika ingin memeriksa apakah elemen mempunyai atribut tertentu. Sebagai contoh jika ingin memeriksa apakah elemen P mempunyai atribut STYLE.

Anda perlu menggunakan metode Element.hasAttribute().

Metode Element.hasAttribute() akan mengembalikan nilai seperti yang dikembalikan metode Node.hasAttributes.

Contoh berikut memeriksa apakah elemen P mempunyai atribut STYLE, pastikan nilai dari parameter metode ini adalah nama atribut yang ingin diperiksa:

<p style="color: red">Ini alinea.</p> <script> var x = document.getElementsByTagName("p"); alert(x[0].hasAttribute("style")); // true </script>

Contoh di atas true dikembalikan, karena elemen P memang mempunyai atribut STYLE. Coba hilangkan atribut STYLE atau ganti atribut STYLE dengan atribut lainnya, maka false yang akan dikembalikan.

Catatan: Jika node yang diperiksa bukan Element node, kedua metode ini akan mengembalikan false.