Tuesday, January 17, 2012

<FRAMESET>

Elemen FRAMESET digunakan sebagai wadah untuk satu atau lebih elemen FRAME, elemen FRAME digunakan untuk membuat frame, frame adalah area berbentuk persegi empat di dalam elemen FRAMESET.

Sintaks:

<FRAMESET Attribute="Value">..</FRAMESET>

Elemen FRAMESET harus ditetapkan setelah penggambaran tag akhir elemen HEAD. Elemen-elemen HTML yang dapat ditetapkan diantara tag awal dan tag akhir elemen FRAMESET adalah satu atau lebih dari satu elemen FRAMESET (ini dikenal juga FRAMESET bersarang), satu atau lebih dari satu elemen FRAME, dan satu elemen NOFRAMES.

ROWS=MultiLengths
Atribut ROWS digunakan untuk menetapkan tinggi elemen FRAME. Nilainya adalah angka dengan satuan piksel (misal, '10'), persentase (misal, '10%'), atau relatif length (misal, '*').

COLS=MultiLengths
Atribut COLS digunakan untuk menetapkan lebar elemen FRAME. Nilainya adalah angka dengan satuan piksel (misal, '10'), persentase (misal, '10%'), atau relatif length (misal, '*').

Contoh 1:

<FRAMESET COLS="50%, 50%"> <FRAME SRC="frameA.html"> <FRAME SRC="frameB.html"> </FRAMESET>

Contoh 2:

<FRAMESET COLS="50%, *"> <FRAME SRC="frameA.html"> <FRAME SRC="frameB.html"> </FRAMESET>

Untuk contoh di atas, nilai atribut COLS yang pertama adalah '50%' yang berarti memiliki satuan persentase, dan nilai yang kedua '*' adalah yang dinamakan relatif length, untuk relatif lihat gambaran dibawah ini:

COLS="60%, *" adalah sama saja seperti COLS="60%, 40%"
COLS="*, 30%" adalah sama saja seperti COLS="70%, 30%"

ONLOAD=Script dan ONUNLOAD=Script
ONLOAD dan ONUNLOAD keduanya adalah atribut event, atribut ONLOAD digunakan untuk menetapkan bahwa script akan dijalankan oleh browser ketika elemen FRAMESET sedang dimuat, sedang untuk atribut ONUNLOAD digunakan untuk menetapkan bahwa script akan dijalankan oleh browser ketika elemen FRAMESET ditutup.

Elemen FRAMESET juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML.

Catatan: Diperbolehkan menggambarkan elemen BODY di dalam dokumen HTML yang tipe deklarasinya Frameset, tetapi harus ditetapkan diantara tag awal dan tag akhir elemen NOFRAMES.