Tuesday, January 17, 2012

<TFOOT>

Elemen TFOOT digunakan untuk menetapkan group of footer rows di dalam elemen TABLE.

Sintaks:

<TFOOT Attribute="Value">...</TFOOT>

Elemen TFOOT harus satu di dalam elemen TABLE, tidak boleh lebih.

Elemen TFOOT bisa ditetapkan bersama-sama dengan elemen THEAD dan elemen TBODY. Elemen TFOOT adalah "kaki" tabel, elemen THEAD adalah "kepala" tabel, dan elemen TBODY adalah "tubuh" tabel. Meski elemen TFOOT mewakili "kaki" tabel yang berposisi dipaling bawah, dalam penulisannya elemen TFOOT adalah dituliskan terlebih dahulu sebelum elemen TBODY.

ALIGN
Atribut ALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan yang horisontal untuk isi elemen TFOOT, nilainya adalah left, center, right, justify, dan char.

Atribut ALIGN hanya didukung oleh IE dan Opera, IE akan mengabaikan nilai justify dan sebagai gantinya IE akan menerapkan nilai center.

Banyak browser yang ada tidak menjalankan secara benar untuk ALIGN="char".

CHAR=Character
Atribut CHAR digunakan untuk menetapkan kelurusan untuk isi elemen TFOOT kepada karakter yang ditetapkan oleh atribut CHAR ini.

Atribut CHAR hanya boleh digunakan jika ALIGN="char".

VALIGN
Atribut VALIGN digunakan untuk menetapkan kelurusan yang vertikal untuk isi elemen TFOOT, nilainya adalah top, middle, bottom, dan baseline.

Atribut VALIGN hanya didukung oleh IE dan Opera, banyak browser yang ada tidak mendukung nilai baseline untuk atribut VALIGN ini.

Contoh penggunaan elemen TFOOT:

<TABLE WIDTH="50%" BORDER="1"> <THEAD> <TR> <TH>Cell in THEAD</TH> <TH>Cell in THEAD</TH> </TR> </THEAD> <TFOOT> <TR> <TD COLSPAN="2">Cell in TFOOT</TD> </TR> </TFOOT> <TBODY ALIGN="right"> <TR> <TD>Cell in TBODY</TD> <TD>Cell in TBODY</TD> </TR> </TBODY> </TABLE>

Elemen TFOOT juga mendukung Atribut-Atribut Standard HTML.