Monday, June 11, 2012

in

Operator in bisa digunakan untuk menginformasikan kepada kita apakah properti atau metode yang di cari ada atau tidak di dalam suatu objek. Nilai yang dikembalikan operator ini adalah nilai boolean.

Sintaks:

theProp in objName theNumber in objName

theProp adalah nama properti yang ingin diketahui informasinya. theNumber adalah angka yang mempresentasikan indeks array dan untuk objName adalah nama dari objek.

Operator in adalah operator standard JavaScript 1.2+, JScript 3.0+, ECMAScript 2.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 4.0+, Netscape Navigator 4.0+, Opera 5.0+, Safari 1.0+.

Contoh di bawah ini menggunakan operator in untuk mengetahui apakah properti father ada di dalam objek myFamily:

var myFamily = {father:"Tono", mom:"Tini"}; alert("father" in myFamily); //true

Contoh lagi:

var myArr = new Array("A", "B"); alert(0 in myArr); //true alert(1 in myArr); //true alert(2 in myArr); //false

Anda juga bisa menggunakan properti in untuk mendeteksi apakah browser tertentu mendukung properti atau metode dari suatu objek. Seperti yang diketahui antara satu browser dengan browser lain berbeda dukungannya, mungkin browser A mendukung properti atau metode dari objek ini, tetapi browser B tidak, dst.

Contoh di bawah ini menggunakan operator in untuk menampilkan informasi apakah metode String.quote() dari objek String di dukung atau tidak, jika true berarti di dukung, jika false berarti sebaliknya:

alert("quote" in String);