Saturday, June 9, 2012

Boolean

Boolean adalah pembungkus nilai-nilai logika, yaitu true dan false.

Boolean bisa dihasilkan dengan cara literal:

"This is a string" === "This is a string"; // true

Atau dengan melibatkan fungsi pembangun objek Boolean:

var myBool = new Boolean(); // false

Tipe boolean yang dibuat secara literal adalah 'boolean', sedangkan tipe boolean yang dibuat dengan fungsi pembangun objek Boolean adalah 'object'. Sebagai contoh:

var x = "This is a string" === "This is a string"; // true alert(typeof x); // "boolean" var y = new Boolean(); alert(typeof y); // "object"

Secara sadar ataupun tidak sebenarnya sering berkutat dengan boolean. Misalnya, kapanpun menggunakan statemen if, sebenarnya sedang mengkonversi ekspresi ke nilai boolean yang manapun:

if(myNum > 10)

Di parameter if di atas adalah suatu kondisi yang diuji terlebih dahulu sebelum perintah tertentu dijalankan dan hasil pengujian kondisi tersebut akan mengevaluasi ke nilai boolean yang manapun, tergantung nilai yang diberikan untuk myNum.

Untuk lebih jelasnya bisa mencoba contoh di bawah ini:

var myNum = 4; if(myNum > 10) { alert(myNum+" lebih besar dari 10"); } else{ alert(myNum+" lebih kecil dari 10"); }

Untuk variabel myNum bernilai 4, sedang kondisi yang sedang diuji adalah apabila nilai myNum lebih besar dari 10 jalankan baris kode berwarna kuning, sebaliknya jalankan baris kode berwarna merah jambu.

Boolean ke Number
Jika nilai-nilai boolean dilibatkan di dalam operasi matematika terhadap Number, nilai-nilai boolean tersebut akan dikonversi menjadi angka, true dikonversi menjadi 1 dan false dikonversi menjadi 0.

Sebagai contoh:

var myBool = true; var yourBool = false; alert(myBool + yourBool); // 1

Boolean ke String
Jika nilai-nilai boolean dilibatkan di dalam operasi matematika terhadap String, nilai-nilai boolean tersebut akan dikonversi menjadi "true" atau "false".

Sebagai contoh:

var myBool = true; var yourBool = false; alert("This a string "+ myBool +" "+ yourBool); // "This a string true false"