Wednesday, July 11, 2012

Boolean

Objek Boolean merupakan objek pembungkus nilai boolean, yaitu true dan false.

Objek Boolean adalah objek standard JavaScript 1.1+, JScript 3.0+, ECMAScript 1.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 4.0+, Netscape Navigator 3.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Sintaks:

var booleanObj = new Boolean(value); var booleanObj = value;

value adalah tempat memberikan nilai awal, nantinya nilai itu di konversi menjadi salah satu dari dua nilai boolean.

  • Jika value dihilangkan, 0, -0, null, false, NaN, empty string (""), atau jika tidak ada argumen disediakan, maka nilai awal objek Boolean adalah false.
  • true dikembalikan jika selain yang telah disebutkan di atas.

Sebenarnya anda akan selalu bermain dengan dua nilai boolean. Misalnya, kapanpun gunakan if di dalam program, sebenarnya anda sedang mengkonversi ekspresi itu menjadi salah satu dari dua nilai boolean.

Sebagai contoh:

if(myNum > 10)

Untuk (myNum > 10) di situ sebenarnya kondisi dari ekspresi akan di uji terlebih dahulu sebelum perintah tertentu dijalankan dan hasil pengujian kondisi dari ekspresi tersebut akan mengevaluasi ke nilai boolean yang manapun true atau false, tergantung nilai yang diberikan untuk myNum.

Untuk jelasnya bisa mencoba contoh di bawahini:

var myNum = 4; if(myNum > 10) { document.write(myNum + " lebih besar daripada 10"); }else{ document.write(myNum + " lebih kecil daripada 10"); }

Di atas variabel myNum bernilai 4, sedang kondisi dari ekspresi yang sedang diuji adalah jika nilai myNum lebih besar dari 10 jalankan:

document.write(myNum + " lebih besar daripada 10");

Tetapi jika nilai myNum lebih kecil dari 10 jalankan:

document.write(myNum + " lebih kecil daripada 10");

Berhubung kondisi dari ekspresi yang sedang di uji tersebut adalah salah, karena 4 lebih kecil nilainya dibandingkan 10 dan bukan lebih besar, maka baris kode:

document.write(myNum + " lebih kecil daripada 10");

yang akan dijalankan.