Monday, June 11, 2012

++ and --

Operator ++ (Increment) dan -- (Decrement) adalah operator standard JavaScript 1.0+, JScript 1.0+, ECMAScript 1.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 3+, Netscape Navigator 2.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Sintaks:

++A A++
--A A--

Operator ++ digunakan untuk menambahkan nilai 1 untuk operand A, sedangkan operator -- digunakan untuk mengurangi operand A dengan nilai 1. Misalkan saya mendeklarasikan suatu variabel seperti di bawah ini:

var A = 10; //10

Lalu pada baris berikutnya saya menuliskan:

A++; //11

Atau

++A; //11

Maka sekarang A adalah bernilai 11. Lalu pada baris berikutnya lagi, saya menuliskan:

A--; //10

Atau

--A; //10

Maka A akan kembali bernilai 10 lagi.

Untuk kasus di atas penempatan operator ++ dan operator -- di depan atau di belakang operand tidak berpengaruh atas hasil yang dikembalikan, tetapi ada beberapa kasus akan mempengaruhi hasil yang dikembalikan oleh operator-operator tersebut.

Contoh 1:

A = 10; //10 B = ++A; //B bernilai 11 dan A juga bernilai 11

Contoh 2:

A = 10; //10 B = A++; //B bernilai 10 dan A bernilai 11

Untuk Contoh 1 dapat diterjemahkan pertama-tama nilai 1 (berarti operator ++ dijalankan terlebih dahulu) di tambah dengan nilai variabel A, kemudian hasilnya diberikan untuk variabel B.

Untuk Contoh 2 dapat diterjemahkan pertama-tama nilai dari variabel A diberikan terlebih dahulu untuk variabel B sebelum operator ++ dijalankan, dan untuk nilai variabel A itu sendiri adalah hasil dari nilai variabel A ditambah nilai 1 (setelah operator ++ dijalankan).

Contoh 3:

A=10; //10 B = --A; //B bernilai 9 dan A juga bernilai 9

Contoh 4:

A=10; //10 B = A--; //B bernilai 10 dan A bernilai 9

Untuk Contoh 3 dapat diterjemahkan pertama-tama nilai 1 (berarti operator –– dijalankan terlebih dahulu) digunakan untuk mengurangi nilai A, kemudian hasilnya diberikan untuk B.

Untuk Contoh 4 dapat diterjemahkan bahwa nilai variabel A diberikan untuk variabel B sebelum operator -- dijalankan, dan untuk nilai variabel A itu sendiri terakhir bernilai 9, yaitu hasil dari operasi nilai variabel A dikurang nilai 1 (setelah operator –– dijalankan).

Contoh di bawah ini operator ++ digunakan untuk menampilkan angka 1-10:

for (i = 1; i < 11; i++){ document.write(i+"<BR>"); }

Contoh di bawah ini operator -- digunakan untuk menampilkan angka 5-2:

for (i = 5; i > 1; i--){ document.write(i+"<BR>"); }