Monday, June 11, 2012

!= (Not Equal)

Operator != (Not Equal) digunakan untuk membandingkan apakah nilai operand A tidak sama dengan nilai operand B dan tanpa memperdulikan jenis tipe datanya.

Jika nilai operand A tidak sama dengan nilai operand B, perbandingan mengembalikan true. Jika nilai dari operand A adalah sama dengan nilai operand B, perbandingan mengembalikan false.

Sintaks:

A != B

Operator != adalah operator standard JavaScript 1.0+, JScript 1.0+, ECMAScript 1.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 3+, Netscape Navigator 2.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Contoh di bawah ini apakah nilai 5 tidak sama nilainya dengan nilai 5? Jawabnya false -- salah, karena nilai 5 sama nilainya dengan nilai 5. Apakah nilai 5 tidak sama nilainya dengan nilai "5"? Jawabnya false -- salah, karena nilai 5 sama nilainya dengan nilai "5", karena operator != ini tidak peduli tipe datanya dan yang penting nilainya sama. Apakah nilai 5 tidak sama nilainya dengan nilai 3? Jawabnya true -- benar, karena nilai 5 tidak sama dengan nilai 3:

alert(5 != 5); //false alert(5 != "5"); //false alert(5 != 3); //true

Operator != ini mempunyai cara kerja yang sama seperti operator !== (Not Strictly Equal), perbedaannya hanya dipenanganan tipe datanya saja, di !== sangat ketat dan peduli untuk tipe data dari kedua operand yang akan dibandingkan.