Monday, June 11, 2012

!== (Not Strictly Equal)

Operator !== (Not Strictly Equal) digunakan untuk membandingkan apakah nilai operand A benar-benar tidak sama dengan nilai operand B.

Jika nilai operand A adalah benar-benar sama dengan nilai operand B, perbandingan akan mengembalikan false. Jika nilai operand A benar-benar tidak sama nilainya dengan nilai operand B, perbandingan akan mengembalikan true.

Sintaks:

A !== B

Operator !== adalah operator standard JavaScript 1.0+, JScript 1.0+, ECMAScript 1.0+ dan di dukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 3+, Netscape Navigator 4.0+, Opera 6.0+, Safari 1.0+.

Contoh di bawah ini apakah nilai 5 benar-benar tidak sama nilainya dengan nilai 5? Jawabnya false -- salah, karena nilai 5 benar-benar sama nilainya dengan nilai 5. Apakah nilai 5 benar-benar tidak sama nilainya dengan nilai "5"? Jawabnya true -- benar, karena nilai 5 benar-benar tidak sama nilainya dengan nilai "5", karena operator !== ini ketat untuk tipe datanya, 5 adalah bertipe number sedangkan "5" bertipe string. Apakah nilai 5 benar-benar tidak sama nilainya dengan nilai 3? Jawabnya true -- benar, karena nilai 5 benar-benar tidak sama dengan nilai 3:

alert(5 !== 5); //false alert(5 !== "5"); //true alert(5 !== 3); //true

Operator !== mempunyai cara kerja yang sama seperti operator != (Not Equal), kecuali untuk operator ini pada tipe datanya tidak akan dikonversi.