Monday, July 22, 2013

Metode JavaScript untuk Manipulasi String

Dengan JavaScript anda dimungkinkan manipulasi string, baik literal string atau suatu variabel yang menampung nilai berupa string.

Apa itu string?

String adalah karakter atau sederetan karakter yang di apit baik oleh tanda kutip ganda atau kata kutip tunggal. Untuk lebih jelasnya, silahkan ke artikel Aturan Penggunaan Tanda Kutip.

Berikut adalah string:

"Halo saya adalah string..."

Dan ini juga string:

'Halo saya juga string...'

Berikut contoh variabel yang menampung nilai berupa string:

var myString = "Halo saya adalah string..."

Beberapa metode JavaScript yang bisa digunakan untuk memanipulasi string:

toUpperCase() dan toLowerCase().

toUpperCase() jika digunakan akan menyebabkan string yang di tuju menjadi huruf besar semua, dan toLowerCase() jika digunakan akan menyebabkan string yang di tuju menjadi huruf kecil semua.

Contoh berikut karakter huruf akan ditampilkan dengan tampilan huruf besar semua:

var myString = "Halo saya adalah string." document.write(myString.toUpperCase()); // HALO SAYA ADALAH STRING.

Contoh berikut karakter huruf akan ditampilkan dengan tampilan huruf kecil semua:

var myString = "Halo saya adalah string." document.write(myString.toLowerCase()); // halo saya adalah string.

strike() dan bold()

strike() jika digunakan akan menyebabkan string yang di tuju menjadi huruf tercoret, dan bold() jika digunakan akan menyebabkan string yang di tuju menjadi huruf tebal.

Contoh berikut karakter huruf akan ditampilkan dengan tampilan huruf tercoret:

var myString = "Halo saya adalah string." document.write(myString.strike()); // Halo saya adalah string.

Contoh berikut karakter huruf akan ditampilkan dengan tampilan huruf tebal:

var myString = "Halo saya adalah string." document.write(myString.bold()); // Halo saya adalah string.

italics()

italics() jika digunakan akan menyebabkan string yang di tuju menjadi huruf miring.

Contoh berikut karakter huruf akan ditampilkan dengan tampilan huruf miring:

var myString = "Halo saya adalah string." document.write(myString.italics()); // Halo saya adalah string.

small() dan big()

small() jika digunakan akan menyebabkan string yang di tuju menjadi huruf dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran font yang ada, dan big() jika digunakan akan menyebabkan string yang di tuju menjadi huruf yang lebih besar dan tebal dari ukuran font yang ada.

Untuk contoh mungkin sama seperti di atas, hanya dengan menambahkan metodenya setelah string yang ada.

sub() dan sup()

sub() dan sub() sering digunakan memformat penulisan ilmiah, misalnya H2O atau O2.

Contoh berikut menuliskan H2O:

document.write("H"+"2".sub()+"O");

Contoh berikut menuliskan O2:

document.write("O"+"2".sup());

Itulah beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk memanipulasi string ketika bekerja dengan JavaScript.