Sunday, November 10, 2013

defaultValue

Properti HTMLInputElement.defaultValue berguna untuk mengembalikan ke default value atribut VALUE elemen INPUT HTML, setelah sebelumnya telah mengalami modifikasi.

Sintaks:

inputObj.defaultValue = value inputObj.defaultValue

value adalah DOMString berisi urutan karakter yang didalamnya boleh terdapat entities.

Properti HTMLInputElement.defaultValue bisa anda manfaatkan untuk memeriksa apakah contents dari elemen INPUT telah diubah.

Cara kerja properti HTMLInputElement.defaultValue ini hampir sama seperti ilustrasi di bawah ini:

    Sebagai ilustrasi saja, ketika anda telah melakukan perubahan beberapa pengaturan handphone anda, dan ketika merasa bahwa ada kesalahan yang anda lakukan, dan anda perlu meresetnya, agar nantinya handphone anda mempunyai pengaturan default yang ditetapkan pabrikannya.

Contoh di bawah ini mengembalikan ke default value atribut VALUE setelah sebelumnya mengalami modifikasi, yaitu ketika user telah memasukkan beberapa teks kedalamnya. Sebelumnya di bagian HEAD terdapat dua fungsi berikut:

function toUpperCase(field) { field.value = field.value.toUpperCase(); } function resetField(form) { form.Convert.value = form.Convert.defaultValue; }

Dan di bagian BODY terdapat:

<FORM> Input text here: <INPUT TYPE="text" NAME="Convert" VALUE="This is default text" ONKEYUP="toUpperCase(this)"> <INPUT TYPE="button" VALUE="Reset Field" ONCLICK="resetField(this.form)"> </FORM>

Masukan teks ke dalam input masukkan yang ada, setelahnya anda akan melihat teks yang dimasukkan tersebut otomatis ditampilkan ke dalam karakter huruf besar semua. Untuk mengembalikan ke default value, yaitu ke nilai atribut VALUE yang sebelum anda modifikasi silahkan tekan tombol bertuliskan 'Reset Field'.